14 Cara Agar Baterai Android Awet Dan Tidak Cepat Habis

14 Cara Agar Baterai Android Awet Dan Tidak Cepat Habis

baterai-android-awet-tidak-cepat-habis
14 Cara Agar Baterai Android Awet Dan Tidak Cepat Habis - Tips Dan Cara Agar Baterai Android Awet Dan Tahan Lama – Para pengguna smartphone sering mengeluh akiba baterai smartphonenya yang boros, Meskipun kapasias dari baterai smarphone nya sendiri di dukung dengan kapasitas yang besar. Beberapa hal yang mampu mempengaruhi sebuah baterai boros atau tidak adalah jumlah aplikasi yang berjalan pada latar belakang (backround) proses yang membuat sebuah smartphone harus sangat bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan daya pemrosesan. Selain dari itu, ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi sebuah baterai boros baterai seperti akses internet dan resolusi layar yang mampu mengahbisi daya baterai dalam jumlah yang sangat banyak.

Solusi Utama untuk mendapatkan baterai smartphone Android anda tahan lama adalah dengan membeli sebuah smartphone yang memiliki kapasitas baterai yang sanga besar. Tapi hampir semua baterai yang memiliki kapasias baterai yang tinggi di jual dengan harga yang terlampau tinggi. Namun ada beberapa solusi yang bisa di lakukan untuk menjaga agar baterai bertahan lama. Dan cara di bawah ini juga akan menjelaskan agar baterai anda bisa awet dan tahan lama. Silahkan Sobat PalopoTech untuk menyimak beberap cara untuk menjaga baterai agar tidak cepat Boros dan tahan Lama dalam pemakaian.

Cara Agar Baterai Android Hemat Pemakaian


1. Jangan Memakai Live Wallpaper
Live wallpaper mempunyai keunikan nya tersendiri, Live wallpaper pasti akan mempercantik tampilan android smartphone yang anda miliki.

Namun wallpaper ini akan menghabisi baterai android anda secara cepat, sehingga daya tahan dari baterai sobat akan berkurang. Untuk menjaga agar baterai android sobat tahan lama, lebih baik tidak memakai wallpaper yang bergerak atau Live Wallpaper. 

Jika sekarang Anda memakainya lebih baik sobat unuk mengganti segera dengan memakai wallpaper statis atau tidak bergerak. Selain itu, lebih baik tidak memakain terlalu banyak widget yang tidak anda butuhkan agar konsumsi daya dari baterai android sobat semakin rendah. Dan dapat di fungsikan untuk kebutuhan lain seperti kebutuhan multimedia atau komunikasi.

2. Matikan Notifikasi
Notifikasi pada android adalah sebuah pemberitahuan di layar anda. Tapi mematikan notifikasi adalah sebuah langkah penting untuk menjaga agar baterai android anda tahan lama. 

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap notifikasi dari aplikasi atau sebuah game rata – rata terhubung dengan internet sehingga akan menguras daya baterai anda secara signifikan. 

Untuk menonaktifkan notifikasi terbilang mudah, Langkah yang harus sobat lakukan adalah sebagai berikut Pertama Sobat PalopoTech masuk ke menu setting lalu pilih Apps, Langkah selanjutnya memilih game atau pun aplikasi yang ingin di matikan notifikasinya, Lalu pada bagian bawah hilangkan tanda centang “Show Notification”.

3. Matikan WiFi
Mematikan Wifi, Cara lain agar baterai android anda tahan lama dengan cara mematkan konektivitas WI-Fi disaat sobat berada di luar ruangan, dan lebih baik memakai jaringan 3G atau 4G LTE. Ini dimaksudkan untuk tidak terjadinya pencarian sinyal wifi di dekat Smartphone android sobat PalopoTech jika Wi-Fi sobat terus menyala. Ini sangat penting untuk menjaga baterai sobat tetap awet, karena apabila Wi-Fi sobat menyala secara otomatis Wi-Fi dari perangkat sobat akan terus mecari sinyal wifi terdekat, Sehingga batterai sobat akan berkurang secara cepat. Namun, jika anda tidak melakukan perjalan dan memungkinkan memakai Wi-Fi lebih baik anda memakainya. Karena konsumsi daya yang di pakai 3G dan 4G LTE lebih besar di bandingkan Wi-fi.

4. Tutup Aplikasi yang Tidak Dipakai
Cara ke empat agar baterai HP Android anda tahan lama adalah dengan mamtikan aplikasi yang tidak di pakai pada backroud process.

Cara mematikan nya pun tergolong cukup mudah, anda tingal masuk ke dalam menu setting lalu pilh apps, lalu ke running services sekarang tinngal pilih aplikasi yang ingin anda tutup. Dan hampir rata – rata aplikasi yang menghabiskan banyak daya baterai anda adalah aplikasi social media dan chatting. Jadi jika anda tidak terlalu membutuhkan aplikasi socmed tersebut lebih baik anda mematikannya.

5. Turunkan Kecerahan Layar
Menurunkan kecrahan layar pada smartphone android anda akan sengat efektif untuk menghemat daya tahan baterai anda. Jika semakin terang baterai android anda maka akan semakin besar pula daya baterai yang di sedot.. Apalagi smartphone anda memiliki layar yang mempunyai resolusi Full HD atau Quad HD. 

Saran dari saya sobat lebih baik tidak memakai kecerahan layar otomatis, lebih baik bagi anda untuk memakai kecerahan secara manual. Sobat juga harus mengatur waktu tampil layar anda (sleep) dalam hitungan detik saja. Cara mengubah tampilan layar anda pun cukup mudah, sobat hanya perlu masuk ke dalam menu setting lalu anda pilih display.

6. Matikan GPS
Gps juga merupakan salah satu faktor yag sangat mempengaruhi baterai anda cepat habis. Jika anda hanya berada dalam sebuah ruangan atau anda tidak bepergian jauh anda tidak terlalu memerlukan fitur GPS sobat, jadi lebih baik anda mematikannya saja agar baterai anda tahan lama.

Cara untuk mematikan GPS, anda hanya perlu masuk ke dalam menu setting lalu anda pilih menu location dan security. Namun jika anda ingin bepergian jauh, usahakan untuk mengaktifkan kembali fitur GPS sobat, apabila sobat mempunyai sebuah aplikas yang di instal pada smartphone anda, seperti aplikasi untuk menemukan smartphone anda jika sewaktu – waktu hilang di jalan.

7. Menyesuaikan Kebutuhan Data Internet
Menyesuaikan kebutuhan data anda, jika anda mempunyai jaringan 4G LTE lebih baik menggantinya dengan jaringan 3G HSDPA, karena jika anda menggunakan jaringan 4G LTE itu akan membuat baterai anda boros.

Dan jika anda hanya ingin menggunakan smartphone anda untuk browsing atau hanya ingin memainkan game online lebih baik memakai jaringan 3G HSDPA. Dan apabila anda berada pada cakupan daerah yang ada wi-fi, lebih baik sobat mematikan jaringan seluler sobat. Dan jangan lupa bila sobat ingin bepergian lebih baik mematikan jaringan WI-FI sobat karena akan membuat baterai boros saat Wi-fi anda mencari sinyal secara otomatis.

8. Pakai Aplikasi Penghemat Baterai
Banyak pengguna android di seluruh dunia memakai aplikasi penghemat baterai untun menjaga agar baterainya bisa tahan lama, ini sebenarnya sah – sah saja. Tapi menurut saya tidak ada satupun aplikasi yang mampu untuk tetap memperthankan baterai agar tahan lama secara otomatis.

Karena hampir semua aplikasi penghemat baterai yang ada hanya memonitoring baterai, dan memberikan beberapa profile dengan tujuan agar baterai android sobat bisa bertahan lebih lama. Ada banyak sekali aplikasi yang bisa sobat pakai seperti Avast Batteray Saver, DU Batteray Saver, snapdragon batterai Guru dan masih banyak lagi aplikasi penghemat baterai yang bisa anda cari di Playstore Sobat.

9. Matikan Syncronisasi
Cara terakhir yang bisa sobat coba adalah dengan mematikan sycronisasi secara otomatis lewat menu setting kemudian pilih menu Account and Sync. Car ini sangat efektif untuk menjaga daya ahan lama baterai sobat. Karena mampu mengurangi pemakaian baterai yang berlebih di saat syncronisasi aplikasi yang di instal.




Cara Agar Usia Baterai Tahan Lama

Setelah dia atas membahas cara menghemat baterai agar tidak boros, disini kita akan membahas tips cara Agar Usia baterai tahan Lama. Baterai Yang Di Charge berulang – ulang, baik baterai smarphone, laptop ataupun tablet sobat, memiliki batas usia yang ber beda- beda. Anda bisa memperpanjang atau memperpendek usia baterai anda tergantung bagaimana anda merawat baterai tersebut.

Ada banyak sekali tips yang beredar di dunia maya terkait masalah ini. Kebanyakn dari tips yang mereka bahas hanya menyarankan sobat untuk lebih teratur untuk memakai daya agar baterai soba tidak bekerja terlalu keras.

Sebenarnya, pengguna android tidak perlu terlalu memanjakan baterai seperti hewan peliharan yang harus di rawat secara baik. Berikut ini beberapa tips agar baterai android sobat bisa mempertahankan usianya hingga bertahun – tahun lamanya :


Pertama, Perhatikan siklus Pengisiannya.

Di beberapa perangkat kita dapat melihat informasi kesehatan baterai pada opsi penyetelan atau settings. Di situ anda dapat melihat siklus pengisiannya atau beberapa kali siklus isi ulang dapat berlangsung hingga performa baterai memburuk.

Salah satu vendor yang sangat terbuka mengenai informasi siklus pengisian baterai adalah apple dengan iPhone nya. Pada iPhone di butuhkan setidaknya 500 kali siklus isi ulang daya, hingga performa baterai menurun menjadi 80 % dari kondisi pertama baterai tersebut. Dan lama kelamaan performa baterai tersebut akan terus menurun.

Maka dari itu, Anda sebaiknya tak membuang - buang jatah siklus isi ulang daya baterai. Jangan memasang dan mencabut charge jika tak perlu. Karena setiap kali kita menusukkan charge ke port smartphone sobat otomatis satu siklus isi ulang baterai sobat akan berkurang.
Tap jika Anda memutuskan untuk meng-charge, jangan mencabutnya di tengah – tengah pengisian. Sebab, itu akan menghilangkan satu siklus isi ulang batterai sobat, padahal baterai belum terisi penuh.

Kedua, gunakan Charge Yang Berkualitas.


Kepala charga hanya satu dan mempunyai banyak cabang kabel memang sangat praktis di bawa kemana – mana. Karena sobat bisa melakukan isi ulang daya pada beberpa perangkat sobat sekaligus tanpa banyak membawa kepala charge, di mata sobat itu memang sangat efisien dan tida membutuhkan banyk tempat d tas sobat.

Tapi Perlu anda ketahui bahwa pasokan daya ke dalam baterai smartphone anda bisa sangat tidak stabil, Karena menghubungkan sebuah kepala charge dan banyaknya kabel pada akan membuat aliran daya yang menuju baterai sobat akan tidak stabil, bisa tibda – tiba besar dan bisa tiba – tiba kecil, itu bisa mengganggu sel dalam baterai sobat dan membuatnya bisa cepat kalah atau berumur pendek.

Tapi bila anda memang sangat terpaksa menggunakan alat charge dengan banyak kabel, pastikan anda membeli charge anda pada brand yangsudah sangat teruji kualitasnya, agar tidak mempengaruhi daya isi baterai anda.

Ketiga, perhatikan temperatur saat nge-charge.


Temperatur yang baik dalam ruangan saat melakukan pengecasan adalah sekitar 20 derajat celcius atau 70 derajat fahreinhet, itu adalah kondisi terbaik untuk melakukan isi ulang pada baterai smartphone anda. Hal yang harus di ketahui saat melakukan pencasan suhu dalam ruangan tidak boleh di bawah 0 derajat celcius atau di atas 45 derajat celsius.

Kondisi itu bisa mengakibatkan fungsi dalam baterai sobat akan rusak secara permanen. Jadi lebih baik anda membiarkan kondisi ponsel anda mati karena lowbet dari pada haru melakukan isi ulang daya di tengah suhu yang ekstrem tersebut, yang di inginkan mengisi baterai agar full tapi malah merusak sistem kinerja baterai anda.

Keempat, hindari stres fisik perangkat

Hindari yang namanya menjatuhkan atau bahkan membanting perangkat android anda, selain membuat baterai lecet, performa baterai android anda juga akan mengalami penurunan akibat performa baterai yang tersemat dalam ponsel akan goyang atau terpengaruh.

Karena tamparan yang sangat keras dapat membuyarkan atau mengeroposkan kandungan kimia yang tersimpan dalam baterai anda, jadi lebih baik anda tidak menjatuhkan smartphone android anda secara sengaja apa lagi membentur – benturkannya pada tembok.

Kelima, jangan lama-lama tinggalkan perangkat dalam kondisi baterai penuh.

Hal ini yang paling banyak di lakukan para pengguna android, saat mengecas baterainya hingga full mereka cenderung meninggalkannya tanpa mengetahui baterai mereka sudah terisi secara full atau belum. Jadi jika anda ingin meninggalkan smartphone anda lebih baik untuk tidak mencasnya. Kondisi paling baik untuk meninggalkan smartphone anda dalam keadaan baterai terisi 50 persen atau lebih.

Selain itu simpan smartphone android sobat dalam keadaan temperatur normal, hal ini bagus buat kesehatan baterai sobat agar baterai bisa bertahan dalam waktu yang sangat lama atau mampu menjaga agar baterai smartphone sobat tidak memiliki umur yang relatif pendek.


Itulah tips yang semoga bisa bermanfaat buat anda implementasikan dalam perawatan baterai anda. Tapi pada akhirnya sebuah baterai juga memiliki masa pensiun yang tidak mungkin bisa di bantah. Namun setidaknya anda memiliki kesempatan untuk memperpanjang masa pensiun baterai sobat denga mengikuti cara seperti di atas secara maksimal.


Selamat mencoba!



Saya seorang Mahasiswa di Salah Satu Perguruan Tinggi di Kota Palopo yang menyenangi hal terkait teknologi dan ingin berbagi hal tersebut dengan sebuah blog.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »