Baterai Cepat Rusak : 15 Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

15 Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet/Tahan Lama



cara-merawat-baterai-laptop-agar-awet
teenprog.id


Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama – Baterai Adalah hal yang sangat penting pada alat – alat elektronik yang jika sudah terisi penuh bisa di jalankan tanpa aliran listrik, khususnya pada laptop.

Beberapa dari kita yang memakai alat elektronik laptop, pasti sangat menginginkan baterai yang tahan lama, apa lagi kita lagi di luar rumah tanpa adanya aliran listrik. Karena daya pada baterai memiliki keterbatasan pemakaian hingga 4 – 8 jam secara normal. Namun apa bila anda melakukan aktivitas kinerja yang berat pada laptop anda hingga pemakaian RAM besar dan kinerja CPU yang cepat, maka baterai anda bisa bertahan sampai 2 – 4 jam saja.

Seperti pada baterai yang di pakai smartphone yang akan aus atau kalah, kinerja baterai laptop juga sama, seiring waktu akan aus dan daya tahan lama pada baterai laptop akan habis dan pada umumnya baterai laptop bisa bertahan 2 – 4 tahun. Maka di perkirakan baterai laptop di ganti di tahun 3 atau 5. Kerusakan pada baterai laptop sendiri biasanya di akibatkan adanya terjadi kebocoran yang membuat daya baterai tidak bisa berthan secara normal dan cepat habis. Tapi sobat tidak perlu khawatir karena di sini saya akan berbagai Tips yang mungkin bisa membantu sobat dalam melakukan perawatan pada baterai Laptop sobat agar tidak cepat habis. Berikut di bawah sa jelaskan cara merawatnya :

15 Cara Merawat Baterai Laptop dengan Benar

  • Pada saat melakukan pembelian Laptop, Baterai Laptop biasanya tidak memiliki daya. Pertama Charger baterai tersebut dahulu sebelum menggunakannya. Charger Kira – kira selama 4 – 8 jam sampai baterai Full
  • Jangan memakai laptop terlalu berlebihan. Usahakan jika sudah tidak ada kegiatan penting yang anda lakukan laptop sobat, lebih baik mematikan laptop.
  • Jangan Membiarkan Baterai pada laptop anda habis hingga 0%. Karena hal tersebut bisa merusak beberapa komponen – komponen pada baterai laptop sobat. Ubah pengaturan pada baterai laptop sobat supaya indikator dapat menunjukan daya baterai tersisa 10% lalu charger baterai sebelum baterai menunjukan 0% .
  • Jika sobat hanya menggunakan laptop di dalam rumah lebih baik melepas baterai dan memakai colokan listrik, tapi jika sobat memakainya di luar rumah dan ada colokan lebih baik juga untuk melepas baterainya. Hal ini biar suhu panas pada laptop sobat dapat di hindari, karena suhu panas pada laptop sobat dapat menurunkan/ mempersingkat umur baterai.
  • Jangan meninggalkan laptop terlalu lama dalam melakukan charger saat baterai sudah terisi 100%, Lebih baik segera cabut colokan, karena ini dapat mengurangi umur baterai.
  • Lebih baik mematikan wifi jika anda tidak sedang melakukan Browsing, ini untuk menghemat daya baterai laptop.
  • Apabila anda sedang menggunakan multimedia seprti menonton film, lebih baik setting untuk menggunakan headsett. Karena memakai speaker bisa menyerap daya pada baterai lebih cepat.
  • Jangan menggunakan setting layar pada laptop terlalu terang, karena layar terang pada monitor bisa dengan cepat menguras baterai.
  • Jangan menggunakan charger palsu/ bajakan, karena ini bisa membuat kebocoran pada daya baterai.
  • Lakukan Charger baterai dalam keadaan laptop sobat tidak menyala atau mati.
  • Jangan memakai terminal yang bercabang dalam melakukan adapter. Ini untuk menghindari daya tidak stabil yang mengalir pada laptop sobat.
  • Ini juga penting, sobat harus rajin membersihkan ventilasi udara pada laptop dengan alat khusus yang bisa di beli di toko komputer.
  • Jangan mebiarkan air mengenai baterai dan panas matahari secara langsung, dan usahakan hindarkan juga dari debu yang dapat merusak komponen.
  • Usahakan saat memakai laptop suhu dalam ruangan tidak terlalu panas, karena bisa menganggu komponen dalam baterai. Anda juga bisa menggunakan colling pad untuk menjaga suhu baterai tetap stabil
  • Hindari melepas baterai secara tiba – tiba, karena melepas baterai saat memakai colokan listrik, dapat mengakibatkan komponen rusak, jika di daerah anda sering terjadi mati lampu. Usahakan jangan melepas baterai sobat. 
 
Tips Merawat Baterai Laptop di atas bisa di terapkan di semua jenis laptop yang ada, seperti Asus, Acer, Lenovo, HP, Toshiba, Apple, Axioo, Lg dan lain – lain. Cara di atas bersifat umum karena bisa anda terapkan di segala jenis laptop yang ada.

Demikian lah sedikit artikel Mengenai cara merawat baterai laptop agar awet dengan baiik. Cara di atas sering saya pakai untuk merawat baterai pada laptop saya, dan alhamdulillah bisa menjaga baterai saya menjadi awet.
 
 
Sekian Dan Terima Kasih

Saya seorang Mahasiswa di Salah Satu Perguruan Tinggi di Kota Palopo yang menyenangi hal terkait teknologi dan ingin berbagi hal tersebut dengan sebuah blog.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »