Cara Membersihkan Virus Shortcut Dan Mencegah Virus Shortcut Kembali

Cara Membersihkan Virus Shortcut Dan Mencegah Virus Shortcut Kembali

Masalah Yang sering terjadi pada beberapa FD dan Hardisk Eksternal adalah terjangkitnya Virus karena terlalu sering nya mencolokan FD dan Hardisk ke laptop dan computer.

Cara Membersihkan Virus Shortcut Dan Mencegah Virus Shortcut Kembali

Ada ber macam – macam virus yang ada di dunia ini, mulai dari virus yang bisa menjangkit manusia bahkan sampai virus yang menjangkit Laptop Atau PC, Laptop Atau PC yang sering terkoneksi dengan internet lebih rawan terserang virus. Virus yang menjangkit Laptop atau PC bisa mengakibatkan Komputer anda mengalami malfungsi, bahkan sampai mengalami kerusakan terhadap Software. Virus Di PC atau Laptop mempunyai banyak jenis dan Type.

Di Bawah ini Beberapa Jenis pada Virus di Laptop atau Komputer :
Trojan
Worms
Web Scripting virus
Multipartite Virus
FAT Virus
Companion Virus
Polymorphic Virus
Directory Virus

Ciri – Ciri Komputer Terkena Virus

Ada bebereapa cara untuk mendeteksi Komputer anda terjangkit atau terserang Virus dari berbagai jenis. Adapun beberapa gejala dan Ciri – Ciri computer anda terdeteksi Virus. Berikut ini Beberapa Ciri – Ciri dari Komputer yang terkena Virus :
  • Memory pada Hard Drive anda secara tiba – tiba mengalami penyusutan
  • Dalam PC atau Laptop anda banyak mengalami File Rusak dan Corrupt.
  • Hardisk anda Mengalami Corrupt
  • File – File anda banyak hilang Atau terhidden (tersembunyi).
  • Proses kerja laptop atau pc anda menjadi LAmbat.
  • Komputer mengalami mati secara mendadak dan mengalami self restart.
  • Ada Beberapa Program yang tidak berjalan sebagaimana mestinya.
  • Antivirus mendadak Mati.
  • Muncul berbagai pesan atau pemberitahuan aneh seperti bahasa alien.
  • Muncul Berbagai Mcam File aneh pada computer anda.

Virus Shortcut pada Komputer, Harddisk, dan Flash Drive

Salah satu jenis virus yang menjengkelkan dan paling banyak di temui oleh para pengguna adalah virus Shortcut. Virus Shortcut sendiri banyak menjangkit perangkat keras (Hardware) pada Laptop atau PC yang memiliki kapasitas Storage Drive, misalnya Flash Drive atau Harddisk. Ini adalah salah satu jenis virus yang paling mudah menular dan banyak di temukan pada USB.

Virus ini Digolongkan ke dalam jenis virus bertype Directory Virus. Hal ini di sebabkan karena virus ini merupakan salah satu jenis virus yang menyerang dan menginfeksi direktori dari file – file yang ada pada computer dan storage device. Sehingga mengakibatkan gangguan di direktori anda.,

Apakah Virus Ini Berbahaya ??

Pada hakikatnya virus shortcut digolongkan ke dalam virus yang tidak terlalu bahaya. Mengapa demikian? Di bawah ini kami akan menjelaskan, kenapa virus ini dikatakan sebagai virus yang tidak terlalu berbahaya :

  • Tidak membuat file dan data menjadi corrupt.
  • Hanya ditujukan untuk membuat kepanikan pada user.
  • Pada dasarnya sangat mudah dan juga simple untuk diatasi dan dibasmi.
  • Proggramer yang membuat virus ini bertujuan hanya membuat panic para pengguna PC atau Laptop. Yang mengakibatkan beberapa pengguna langsung melakukan formatting pada storage Device nya.

Mengapa Virus Shortcut Mudah Menginfeksi Storage :

Pada dasarnya hampir semua virus memiliki kesamaan, yaitu hampir semua jenis virus menyebar melalui Jaringan internet atau menyebar dari proses transfer data antar storage. Dengan Konesp di atas, Maka bisa di katakana cara penyebaran virus shortcut ini memiliki proses melakukan infeksi melalui tahapan tersebut.

Sebuah Storage Device, seperti USB Flash disk atau Hard disk eksternal yang sudah terinfeksi virus ini, di sambubgkan ke computer, Virus ini akan secara diam – diam akan ikut masuk kedalam computer jika terjadi proses transfer data. Virus shortcut yang sudah ada dalam Komputer otomatis akan menginfeksi Storage device lainnya jika mencolokkan nya ke computer yang sudah terinfeksi.

Bagaimana Mendeteksi Kemunculan Virus Shortcut :

Ini adalah salah satu virus yang sedikit bandel, karena pada proses scanning anti virus ada beberapa filenya yang agak sulit untuk di deteksi anti virus. Dan jika flash Disk anda sudah terinfeksi virus shortcut, maka bisa saja anti virus akan menganggap file anda sebagai virus.

Maka ada baiknya anda sering melakukan update anti virus, dan sering melakukan prosess scanning secara rutin pada laptop atau PC anda, dan sering – sering lah melakukan scanning terhadap segala jenis storage device yang terhubung pada Laptop atau PC Anda.

Apa yang Harus Dilakukan Untuk Menghilangkan Virus Shortcut?

Sebeanrnya ini adlah virus yang mudah untuk di basmi, terurama saat para pengguna jeli dengan gangguan virus ini. Ada beberapa langkah yang harus kalian lakukan untuk membasmi virus ini. Berikut Beberapa cara Yang Bisa Anda Gunakan :

1. Mulai Dengan Proses Unhidden Files

Proses Unhidden ini bisa di lakukan dengan cara memakain menu dari windows. Hal ini berguna untuk mengetahui, apakah storage device ini memang sedang terinveksi virus. Berikut Beberapa Caranya :
  • Pertama buka control panel pada windows. Control Panel bisa di akses dari tombol Start.
  • Setelah itu pilih folder options, lalu masuk ke dalam tab View.
  • Pada tab View, cari bagian Hidden Files and folders, lalu pastikan option yang terpilih adalah “Show Hidden files, folder anda drives”.
  • Lalu OK.
Dengan Memakai Cara Dia atas, makaa akan muncul beberapa file yang ter hidden. Tapi jika tidak muncul bisa di pastikan Storage Device anda terjangkit.

2. Lakukan Proses Remove Attribute pada Storage Device

Langkah selanjutnya adalah anda harus membuat semua file kembali seperti sedia kala, untuk mengembalikan file yang terhidden. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:
  • Pilih Command Prompt dari start menu atau Tekan Windows + R kemudian Ketikkan CMD.
  • Setelah muncul Jendela command prompt, silahkan anda ketikkan drive letter dari drive storage yang mempunyai masalah. Contohnya adalah drive F, maka ketikkan saja F: lalu tekan enter.
  • Langkah Selanjutnya setelah command prompt sudah menampilkan drive F, maka anda bisa melakukan penghapusan attribute.
  • Cara menghapus attribute adalah tuliskan command ini pada window command prompt: Attrib –s –h –r /s /d
  • Lalu tekan Enter
Keterangan Tambahan:
-s; merupakan command untuk menghilangkan atribut file shortcut.
-h; untuk menghilankan atribut hidden files.
-r; untuk menghilangkan atribut read-only.

Setelah anda melakukan cara di atas, Semestinya file dan data yang hilang atau tersembunyi bisa muncul kembali seperti sedia kala. Tapi perlu anda ingat cara ini, Bukan untuk menghilangkan virus Pada Storage Device yang terinfeksi.

3. Saatnya Menghapus Virus dari Storage Device

Setelah semua penjelasan panjang lebar di atas, sekarang waktunya untuk menghilangkan virus yang ada pada storage Deevice anda dan Pada Komputer. Ada pun langkah – langkahnya sebagai berikut :

Setelah masalah file dan data yang terhidden dan berubah menjadi shortcut, maka saatnya kita membuang virus dari storage device anda. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Data yang disembunyikan virus itu terletak di short cut tersebut. Dan itu pun data tersebut hanya bisa dibuka di komputer itu saja (komputer yang terinfeksi virus shortcut tersebut). Tapi kalau dicolok di komputer atau laptop lain, maka data tidak bisa dibuka karena tampak kosong (hanya tampak shortcut) akibat disembunyikan virus tadi.

Di sinilah bingungnya pengguna komputer ketika flash disk dan hard disk mereka sudah terinsfeksi virus shortcut. Masalahnya data yang diperlukan tidak bisa dimunculkan. Nah, untuk mengatasi masalah ini, mari ikuti langkah demi langkah membasmi virus shortcut di hard disk berikut ini.

Cara Membersihkan/menghapus Virus Shortcut Di Hard Disk Eksternal Dan Flash Disk

1. Yang harus anda lakukan Install Smadav pada komputer atau laptop lain

2. Colokkan Flash Drive atau Hardisk eksternal anda yang terinfeksi virus tersebut yang sudah ada smadavnya.

3. saat anda mencolokkan Flash Drive atau Hard Disk eksternal, kadang smadav akan melakukan scanning secara otomatis, Yang mana bila Flash drive anda terinfeksi akan muncul sebuah virus, Kemudian Klik Fix All Untuk melakukan pembersihan.

4. Tapi Jika Smadav Tidak melakukan scanning secara otomatis maka anda yang harus bertindak untuk melakukan scanning pada Laptop atau PC anda.

5. Setelah virus dihilangkan, data Anda akan ada di dalam folder yang tidak mempunyai nama. Silahkan dibuka, semua file yang hilan ada di dalam.

Bagaimana Mencegah Agar Virus Shortcut Tidak Datang Kembali?

Setelah anda berhasi membersihkan Storage Device anda dari Virus shortcut, ada baiknya Mencegah virus itu menjangkit computer kita, “Lebih Baik Mencegah Daripada Mengobati”. Ada Beberapa cara untuk yang harus anda lakukan untuk mencegah virus itu kembali. Brikut beberapa langkah yang bisa mencegah kembalinya si Virus Jahat Tersebut :

Setiap adanya Storag device baru yang ingin anda hubungkan dengan computer anda, ada baiknyan sering lah melakukan Scanning terhadap Device tersebut. 

Scanning juga harus dilakukan ketika ada storage devices yang belum pernah dihubungkan ke dalam komputer kita.

Hal Yang sangat penting, agar software anti virus anda sering di update.. Sering lah melakukan Backup data dan file penting dari Storage anda.

Anda juga bisa menggunakan fitur cluod storage, yaitu penyimpanan data di website dan aplikasi online, seperti dropbox, google drive, dan juga one cloud.

Terakhir anda harus berhati – hati untuk menghubungkan Storage devices anda, Seperti flash drive dan hard disk eksternal pada computer asing, dan computer multi user seperti pada warnet.

Pada intinya, memang virus in tidak terlalu berbahaya dan tidak akan menyebabkan data anda menjadi corrupt, hilang secara permanen, atau bahkan menyebabkan kerusakan yang parah pada pc anda. Namun virus ini cukup menyebalkan dan seringkali membuat para pengguna panic, karena mereka berpikir data mereka hilang di telan bumi.

Jadi Kiranya bagi sahabat – sahabat yang membaca artikel ini, ada baiknya untuk tidak gegabah dalam mengambil keputusan untuk melakukan formatting Storage Devices anda. Ada baiknya untuk mengikuti langkah – langkah di atas agar Storage Devices anda kembali Normal.

Itu sedikit bahasan mengenai Cara menghapus Virus shortcut, Dan Jika Artikel Ini bermanfaat ada baiknya anda share untuk membantu teman – teman yang lain.

Artikel Menarik lainnya :
Penyebab Dan Cara Mengatasi Not Responding
25 Cara Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak
14 Cara Agar Baterai Android Tahan Lama
Sekian Dan Terima Kasih

Saya seorang Mahasiswa di Salah Satu Perguruan Tinggi di Kota Palopo yang menyenangi hal terkait teknologi dan ingin berbagi hal tersebut dengan sebuah blog.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »