Ilmuwan Menemukan Rahasia Baterai Awet Hingga Ratusan Tahun Tanpa Di sengaja

Tak Sengaja, Ilmuwan Temukan Rahasia Baterai Awet Hingga Ratusan Tahun!

baterai-android-tahan-lama
Smartphone atau handphone di masa kini yang mungkin hampir semua masyarakat indonesia mengetahuinya. Tapi apa yang di takutkan oleh para pengguna Smartphone?? Yapzzz jawabanya adalah baterai yang cepat lobet atau habis. Maka beberapa tahun kebelakang seiring perkembang smartphone yang setiap tahun tidak bisa di bendung, Dan akhirnya beredar segala jenis power bank di masyarakat. Power bank sendiri berfungsi sebagai alat yang membantu smartphone anda untuk mengisi ulang secara efisien dan mudah. Dan smartphone sendiri bisa di bawa kemana – mana. Tapi entah sampai kapan anda mau mengandalkan power bank? Gara – gara terlalu seringnya mengisi ulang batterai smartphone anda bisa mengakibatkan batterai smartphone anda cepat rusak. 
Sampai saat ini batterai Li-Ion atau Li-po mempunyai siklus baterai hingga 500 hinnga 1000 kali atau setara hingga 5000 sampai 7000 kali pengisian yakni sekitar 3 hingga 4 tahun. Tapi baru – baru ini peneliti menemukan sebuah rahasia baterai awet yang bisa bertaham sekitar 400 kali lebih lama.

Rahasia Baterai Awet

Belakangan ini dengan perkembangan smartphone yang sangat pesat. Smartphone sendiri sangat bermanfaat untuk masyarakat, Tapi satu hal yang menjadi kekurangan dari smartphone yaitu batterai yang cepat Habis atau Low. Untuk mengatasi itu beberapa orang memakai bantuan dengan aplikasi penghemat batterai. Tapi sebenarnya itu tidak mempengaruhi sama sekali, Karena batterai memiliki siklus umur, yang jika telah mencapai batasnya batterai akan aus dan rusak. Nah, ada seorang ilmuwan asal Universitas Irvine, Amerika Serikat menemukan sebuah baterai yang mampu bertahan sangat lama. Di perkirakan siklus hidup baterai yang di temukan ini memiliki siklus hidup yang sangat lama, bisa bertahan sekitar 200.000 kali proses isi ulang! Jadi baterai akan waet hingga penggunaan mencapai 100 tahun lebih.

Tapi anehnya, tanpa pernah di bayangkan sebelumnya penemuan baterai ini di temukan secara tidak sengaja oleh seorang ilmuwan bernama Mya Le Thai yang sedang melakukan eksperimen dengan kawat emas nano. Dan pada saat kawat ini dilapisi dengan Sebuah gel elektrolit serupa Plexiglas, Rupanya kawat emas nano ini, berkali – kali kembali ke bentuk semula yang digunakan dengan aliran listrik. Akibat dari penemuan ini, akhirnya dikembangkan lah baterai yang menggunakan bahan kawat emas nano berlapis Plexiglas.

Sayang nya, sayang beribu sayang dan menjadi kendala, biaya material yang sangat mahal dalam memproduksi baterai panjang umur ini. Padahal ini sebuha terobosan yang sangat baik, yang mempunyai manfaat sangat banyak pada android dan orang yang memakainya. Jiika suau hari nanti penemuan ini bisa di kembangkan untuk produksi secara massal, ini akan sangat bermanfaat untuk barang elektronik, Bukan hanya untuk smartphone.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »