25 Cara Merawat Laptop Agar Tetap Dalam Performa Terbaik Dan Tidak Cepat Rusak

5:56 PM

Cara Merawat Laptop Agar Tetap Dalam Performa Terbaik Dan Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat Laptop agar tidak cepat rusak



Semakin Pesatnya perkembangan teknologi, Laptop sudah menjadi sebuah kebutuhan sehari – hari entah orang, pengusaha, kantoran, bahkan anak – anak sekolah. Memang tidak bisa di pungkiri lagi secara fungsionalitas laptop memiliki banyak kelebihan di bandingkan Tablet Dan Komputer.
Tidak bisa dipungkiri, banyak orang yang mengabaikan kesehatan laptop mereka.

Hampir setiap saat kita menggunakan laptop untuk mengerjakan berbagai tugas seperti tugas sekolah maupun tugas kantor, tetapi jarang sekali kita merawatnya.

Seperti yang mungkin sering anda temui di sekeliling anda, Banyak sekali yang memakai laptopnya dengan sembarangan yang tidak memperhatikan keshatan laptop itu sendiri. Oke, mengenai hal ini, saya ingin membagikan beberapa Tips Cara Merawat Laptop Agar Tetap Dalam Performa Terbaik :

1. Memasang Antivirus

Anti Virus Mungkin sudah menjadi software yang wajib ada Di Laptop Sobat bahkan smartphone membutuhkan tool yang satu ini. Anti virus adalah software yang berguna untuk melindungi Laptop sobat dari serangan virus yang bisa mengakibatkan Laptop sobat menjadi lambat performanya.

2. Software Cleaner

Menggunakan Software Cleaner dapat menjaga laptop anda dalam kondisi performa terbaik. Pembersihan terhadap laptop dari sampah – sampah yang harus dilakukan secara rutin, Bisa dilakukan selama seminggu sekali sacara rutin. Untuk memakai Software Cleaner anda bisa memilih salah satu dari software ini yang mungkin anda bisa gunakan. Baca ini

3. Install Aplikasi yang Penting Saja

Ini yang banyak di temukan di daerah kampus saya, banyak dari teman – teman saya yang menginstall aplikasi – aplikasi yang tidak penting. Banyak dari teman saya yang di Tanya untuk apa aplikasi yang ada di laptopnya, banyak yang menjawab tidak tahu, bahkan ada yang menjawab agar desktopnya kelihatan ramai. Padahal software – software yang tidak anda butuhkan sangat mungkin memperlambat kinerja laptop sobat.

4. Jangan Mendownload File yang Tidak Penting

Sobat jangan mendownload file yang sama berkali – kali, apalagi file yang di anggap kurang penting atau bahkan tidak penting sama sekali. File – file ini meungkin hanya akan menjadi sampah atau bahkan file ini tidak pernah anda gunakan.

5. Gunakan CoolingPad

Untuk melancarkan sirkulasi udara sebaiknya gunakan cooling pad atau kipas pendingin. CoolingPad sangat berguna untuk menstabilkan udara panas yang dihasilkan dari kinerja komponen laptop.

6. Hapus Startup Application Yang Tidak Penting

Setlah aplikasi sobat terinstal, Sekarang sobat bisa ke startup Application. Startup Application adalah aplikasi yang berjalan ketika sistem operasi baru hidup. Nah aplikasi – aplikasi inilah yang biasanya membuat laptop sobat terkesan lambat saat baru di hidupkan.

7. Gunakan Sesuai Kemampuan Laptopnya

Beda laptop beda rasa. Bagi sobat yang suka bermain game berat jangan memaksakan bermain di laptop yang memiliki spesifikasi kecil. Gunakanlah sewajarnya, jika anda memainkan game yang berat bisa - bisa laptopnya over gara – gara memainkan yang berat yang bukan tugasnya.

8. Letakkan Laptop Pada Tempat yang Tepat

Anda juga harus memperhatikan tempat laptop sobat di taruh saat akan bekerja. Sobat jangan meletakkan laptop di kasur dan atau tempat yang empuk saat laptop dalam keadaan menyala. Karena udara panas pada laptop sobat tidak akan keluar karena rongga – rongga yang mengeluarkan udara pada laptop tertutup. Usahakan memilih Tempat Yang permukaanya keras, agar laptop memiliki rongga untuk mengeluarkan udara, biar pun sedikit.

9. Jauhkan Dari Air

cara agar laptop tidak cepat rusak
Tumpahan Kopi

Usahakan Dalam kondisi hidup atau pun mati, jangan dekatkan laptop dengan air, pastinya Anda tidak ingin laptop sobat terkena air bahkan sampai ke komponen dalamnya.

10. Rawat Baterai Dengan Baik

Batterai Pada laptop merupakan salah satu keunggulan lainnya di bandingkan Komputer, Laptop memiiki baterai yang memungkinkannya bisa dihidupkan tanpa terhubung langsung dengan aliran listrik, Namun beberapa pengguna Laptop tidak merawat baterai mereka, akibatnya baterai mereka tidak tahan lama. Oleh karenaya sobat harus merawat dan memperhatikan kesehatan laptop sobat.

11. Jangan Menaruh Barang Berat di atas Laptop

Kebiasaan seperti ini sering di anggap sepele para pemilik laptop, padahal kebiasaan buruk ini bisa berakibat fatal. Karena hal ini bisa membuat komponen layar pada laptop sekaligus komponen lainnya menjadi rusak.

12. Bersihkan Layar Laptop secara Rutin

Saya sarankan membeli screen protector atau pelindung layar terlebih dahulu, itu berguna untuk melindungi layar laptop kesayangan sobat dari goresan.
Dan usahakan secara teratur memBersihkan layar laptop Sobat dari debu-debu yang menempel secara rutin.

13. Bersihkan Optical Drive Laptop Anda

Perlu anda ketahui, Optical Drive/ DVD ROM laptop sangat rentan terhadap debu. Debu Tersebut dapat mengganggu proses pembacaan data dari CD/ DVD.
Bersihkan debu – debu yang renta menempel pada optical drive laptop sobat secara rutin, Saat sobat memasukan CD/DVD pada optical drive, sobat harus berhati – hati karena lensa optic pada optikal drive sangat rentan.

14. Jauhkan Laptop dari Jangkauan Anak Kecil

Jauhkan laptop kesayangan anda dari jangkauan anak kecil untuk menghindari hal yang tidak di inginkan. Karena biasanya anak kecil akan menganggap laptop sobat sebagai mainan yang bisa berdampak kerusakan komponen dan hardware pada laptop sobat. Namanya juga anak – anak.

15. Jauhkan Laptop dari Sinar Matahari

Jauhkan Laptop sobat dari kontak secara langsung antara laptop sobat dengan sinar matahari. Dikarenakan beberapa komponen laptop sangat rentan mengalami kerusakan jika terpapar sinar matahari secara langsung.

16. Jangan Menggunakan Laptop Terlalu Lama

Laptop berbeda dengan komputer yang dapat bekerja selama 24 jam nonstop tanpa istirahat. Gunakan laptop sesuai keperluan saja, jika tidak digunakan sebaiknya anda matikan laptop anda.
Menggunakan laptop terlalu lama juga merupakan faktor yang membuat laptop mengalami overheat.

17. Perhatikan Suhu Laptop Anda

Banyak dari sobat yang kurang memperhatikan suhu pada laptop sobat, padahal ini adaalah salah satu factor yang dapat membuat laptop sobat mengalami penurunan performa, Karena suhu yang tinggi merupakan salah satu factor penyebab overheat pada laptop.

18. Gunakan Pengaman Laptop

Gunakan cover atau bungkus laptop agar laptop sobat tidak mengalami kerusakan karena terbentur apabila dibawa menggunakan tas dan juga pastikan ketika membawa jangan sampai kegencet karena tas yang penuh, ini dapat merusak LCD.

19. Jauhkan Makanan dari Laptop

Jika tadi jauhkan laptop dari Air, Maka sekarang jauhkan laptop sobat dari makanan. Lebih baik berhati - hatilah ketika menaruh makanan atau sedang asyik ngemil di dekat laptop. Pastikan sisa makanan tidak berjatuhan pada celah-celah keyboard.
Hal tersebut dapat mengganggu kinerja keyboard pada laptop.

20. Bersihkan Debu di Laptop

Ini yang harus sobat lakukan secara rutin, membiasakan untuk membersihkan debu pada laptop. Meskipun cara ini sangat simple, namu melakukan pembersihan laptop secara rutin dapat membantu laptop menjadi awet. Karena jika debu menumpuk di aliran pembuangan udara hawa panas bisa mengakibatkan kerusakan komponen laptop yang cukup fatal. Maka dari itu rajin lah membersihkan laptop sobat secara berkala.

21. Jangan Mengunakan Laptop Sampai Baterai Kosong Hingga 0%

Ini yang bisa membuat laptop pada baterai sobat cepat rusak, jadi usahakan sebelum baterai sobat mendekati 0% segera lakukan isi ulang baterai pada laptop sobat.


22. Jauhkan Benda-Benda Magnet Dari laptop

Terlebih Untuk Magnet yang sangatlah kuat, terlebih memanglah benda itu adalah magnet 100%, seperti batu magnet. Hingga terkecuali benda cair yang butuh dijauhkan dari latop, jadi benda keras yang mempunyai kemampuan magnet yang sangat kuat mesti dijauhkan dari laptop.

23. Nonaktifkan Piranti Eksternal Yang Tak Diperlukan

 
Nonaktifkan piranti yang tengah tak dibutuhkan, seperti piranti seperti USB Flash Drive maupun piranti eksternal yang lain, yg tidak dipakai. Termasuk Wi-Fi serta seluruhnya piranti keras yang lain bila tak diperlukan waktu itu. Lantaran hal semacam itu bakal dengan kuras banyak daya baterai laptop. Hingga nonaktifkan seluruhnya piranti yg tidak diperlukan

24. Aktifkan Sistem Restore Komputer

Mengaktifkan Sistem Restore juga mempunyai pengaruh untuk computer sobat supaya tidak mengalami kerusakan. Langkahnya dengan click kanan pada icon my desktop computer, lantas click properties Tab Sistem Restore Mencari tulisan Turn Off Sistem Restore On All Drives, lantas menghilangkan sinyal centang pada samping kiri tulisan itu.


25. Sekian Dan Terima Kasih

Banyak orang yang tidak mengerti bagaimana cara merawat laptop dengan baik dan benar.

Meskipun harga laptop sekarang bisa dibilang cukup murah, merawat laptop perlu dilakukan agar komponen maupun bagian pada laptop tetap awet dan berumur lebih lama.

Jarang sekali mereka memperhatikan kondisi laptop mereka. Padahal, daya tahan laptop berbeda dengan PC yang cenderung kuat dan tahan lama. 

Jika sobat mengikuti tata cara artikel seperti di atas Insyaallah laptop sobat akan tetap terjaga dalam performa terbaiknya.
Setelah membaca artikel di atas, saya harap anda lebih memperhatikan lagi laptop anda. Rawatlah dengan baik-baik. Hindari hal-hal yang dapat membahayakan laptop kesayangan anda.
Sekian Artikel dari saya hari ini, Saya akan sangat senang jika artikel ini bermanfaat bagi sobat – sobat.


Baca Juga Mengenai : AntiVirus Nomor 1 Di Dunia
                     15 Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama
                     5 Masalah Umum Pada PC/Laptop Dan Solusinya
                     8 Software Pembersih Sampah Terbaik

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔