Kode Atau Pesan Dan Penyebab Blue Screen Pada Laptop Dan PC

Penyebab Dan Kode Blue Screen Pada Laptop dan PC




Blue Screen Atau Layar biru adalah salah satu masalah yang ada pada pc dan laptop, di mana saat terjadinya masalah ini, Layar PC atau Laptop anda akan berlatar warna Biru dengan tulisan berwarna putih.

Blue Screen of Death (BSoD) sebagian orang menybutnya dengan kata itu yang berarti layar biru kematian terjadi ketika system operasi windows anda mengalami sebuah kesalahan (Error) sehingga system operasi di PC atau Laptop anda akan di hentika paksa (Stop). Blue Screen Umumnya hanya terjadi pada Sistem Operasi Windows atau hanya pada system operasi yang berbasis windows seperti pada Beberapa mesin ATM atau pada system Operasi React OS.

Masalah Blue Screen of Death (BSoD) umumnya hanya terjadi pada windows dan tidak akan terjadi pada system operasi lain seperti pada Linux Ubuntu, Android, ios, Linux Mint, Fedora, dan Lain Sebagainya. Karena system operasi pada umumnya memiliki system penanganan yang berbeda.

Lalu, apa yang menjadi penyebab Blue Screen?

Kesalahan Sistem Operasi khususnya pada windows mempunyai cara penanganan kesalahan yang mengharuskan system operasi mereka berhenti bekerja, Salah satu nya adalah Blue Screen. Sistem operasi windows Mempunyai beberapa penyebab mengalami blue screen, untuk mengetahui apa saja masalah pada PC atau laptop anda yang mengakibatkan Blue Screen, anda bisa melihatnya dari pesan pada saat layar terkena blue screen, anda harus cekatan untuk melihat pesan tersebut sebelum PC atau Laptop anda melakukan restart :

1. Kesalahan pada File System

Umumnya pada saat terjadi blue screen akan ada pesan NTFS FILE SYSTEM dengan sebuah kode 0X00000024 Atau pesan Lain Seperti FAT_FILE_SYSTEM dengan kode 0X00000023.

Di dalam system operasi windows, umumnya hanya menggunakan File system seperti NTFS, FAT, FAT32. Artinya jika PC atau Laptop anda mengalami blue screen dengan pesan di atas, maka kesalahannya terletak pada partisi hardisk atau terdapat di file systemnya. Untuk menangani hal ini anda tidak perlu sampai melakukan format Hard Disk untuk menanganinya. Anda hanya perlu melakukan check system partisi anda dengan software seperti fitur Check Disk. Atau jika anda menggunakan sebuah PC Desktop tidak ada salahnya anda melakukan pemeriksaan terhadap kabel yang terhubung dengan Hard Disk di Komputer Desktop anda.

2. Driver yang terinstall pada komputer mengalami kerusakan

Blue Screen juga biasanya menampilkan pesan IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL dengan kode 0X0000000A atau pesan VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE. Penyebab pesan ini muncul biasanya karena system operasi yang digunakan tidak mendeteksi perangkat baru yang di hubungkan ke computer akibatnya driver mengalami Crash atau kerusakan.

Yap, Blue Screen yang sering terjadi salah satu penyebabnya adalah Hardware, pada saat anda menggunakan PC dan pernah meng upgrade salah satu komponen hardwarenya biasanya anda di suruh melakukan install driver. Driver di sini berfungi sebagai software untuk mengenalkan Hardware baru tadi dengan system operasi agar bisa terbaca.

Salah satu yang menjadi masalah utama juga adalah saat kita menginstaal driver, tapi driver yang kita install tidak mendukung system operasi atau perangkat keras yang di pasang. Ini menjadi salah satu factor yang menybabkan kesalahan atau error.

3. Komponen komputer yang over-heat (terlalu panas)

Blue Screen juga biasanya menampilkan pesan UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP dengan kode 0X0000007F atau pesan MACHINE_CHECK_EXCEPTION.

Laptop dan PC adalah salah satu perangkat elektroni yang membutuhkan asupan listrik untuk dapat beroprasi. Energy listrik inilah yang menjadi salah factor yang menybabkan computer atau Laptop cepat panas dan meningkatkan suhu pada komponen PC atau Laptop tersebut.

Jadi sangat penting agar adanya cooling pad atau kipas yang bisa dan mampu menjaga stabilitas suhu pada komponen agar tetap stabil, Karena jika sebuah komponen mengalami panas yang berlebih akan menurunkan performa.

Jika anda secara terus menerus memakai computer dalam waktu yang lama tanpa henti dan tiba – tiba computer anda menjadi lemot atau sering Not responding. Mungkin ini di sebabkan karena komponen yang ada pada pc anda mengalami kenaikan suhu. Ini salah satu masalah yang bisa mengakibatkan blue screen atau bisa membuat komponen hangus terbakar.

Apa lagi jika anda menggunkan komponen yang sudah pernah di Over Clock, misalnya pada komponen VGA card. Over clock ini membuat suatu komponen untuk di paksa bekerja lebih keras melebihi standar yang telah di tetapkan. Ini salah satu factor yang mengakibatkan peningkatan suhu secara drastic.

4. Kerusakan Memory (RAM) atau Slot RAM pada Motherboard

Blue Screen juga biasanya menampilkan pesan DATA_BUS_ERROR atau PEN_LIST_CORRUPT. Blue screen yang sering terjadi biasanya karena kerusakan pada hardware, karena umumnya fungsi utama dari system operasi sendiri adalah untuk menghubungkan Hardware, Software dan Brainware. Maka dari itu system operasi biasanya tidak akan melanjutkan proses karena mengalami kerusakan apalagi terjadi pada RAM.

5. Kesalahan pada Boot Sector atau Boot Device

Blue Screen juga biasanya menampilkan pesan INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE.

6. Kerusakan Memory Video Card

Blue Screen juga biasanya menampilkan pesan PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA. Memory Video card yang di maksud disini adalah kapasitas memori yang di alokasikan untuk menunjang Grapik. Blue Screen ini biasanya terjadi jika memori video card terlau di paksa bekerja.

7. Kerusakan Hardware Khususnya Memory

Blue Screen juga biasanya menampilkan pesan Page Fault In NonPaged Area. Yang di sebabkan terjadinyan kerusakan pada komponen hardware seperti memori Video Card, Memori di Prosesor atau Memori Utama.

8. Kerusakan Jumper hard Disk

Blue Screen juga biasanya menampilkan pesan Inaccessible Boot Device. Yang di sebabkan karena adanya kesalahan pada saat melakukan konfigurasi Jumper hard Disk yang salah, Driver IDE yang Salah, Virus Boot Sector, atau terdapat kesalahan Driver Chipset.

9. Akibat Instlasis Video Card Yang Tidak Sempurna

Blue Screen juga biasanya menampilkan pesan Video Driver Init Failure. Kesalahan ini umumnya terjadi akibat adanyana kesalahan saat proses instalasi driver video card yang tidak sempurna, atau masalah ini juga biasa terjadi akibat kesalahan saat instalasi driver.

10. Driver Yang Tidak Kompatibel

Blue Screen juga biasanya menampilkan pesan Bad Pool Caller. Kesalaha ini biasanya dapat terjadi karena adanya ketidak cocokan Driver atau Driver yang tidak Kompatibel.

11. Kerusakan RAM

Blue Screen juga biasanya menampilkan pesan Pen List Corrupt. Kesalahan ini biasanya terjadi karena adanya kerusakan Pada RAM.

12. Kecacatan CPU

Blue Screen juga biasanya menampilkan pesan Machiine Check Exception. Kesalahan ini biasanya muncul akibat karena adanya kecacatan pada CPU atau karena Overclock secara agresif a, dan kurangnya daya yang mengalir dari power Supply.

13. Masalah pada Virtual Memory

Blue Screen juga biasanya menampilkan pesan Kernel Data Inpage Error (0X0000007A). Kesalahan ini biasanya terjadi karena windows tidak bisa membaca atau menulis data ke file swap. Penyebab utamanya antara lain karena Virus, BadSEctor, Memori Cacat, atau kerusakan pada MotherBoard.

14. Konflik IRQ

Blue Screen juga biasanya menampilkan pesan KMODE EXCEPTION NOT HANDLED (0X0000001E). Kesalahan ini biasanya terjadi karena adanya masalah pada driver atau Service, Konfilik IRQ. Apabila nama file di sebut, coba lakukan uninstalling software tersebut. Biasanya masalah ini di sebabkan oleh kurangnya space pada disk pada saat melakukan instalasi.

15. Kekurangan Page Table Entries (PTEs)

Blue Screen juga biasanya menampilkan pesan No More System Pets (0X0000003F). Biasanya masalah ini muncul karena kekurangan Page Table Entriee (PTEs). PTEs berfungsi untuk melakukan mapping RAM.


Itu sedikit masalah yang bisa menyebabkan Tejadinya Blue Screen Pada Laptop Atau PC anda yang ber system Operasi Pada keluaran Windows.


Artikel Menarik Lainnya :
Penyebab Dan Cara Mengatasi Not Responding
Cara Membersihkan Virus Shortcut





Sekian Dan Terima Kasih

Saya seorang Mahasiswa di Salah Satu Perguruan Tinggi di Kota Palopo yang menyenangi hal terkait teknologi dan ingin berbagi hal tersebut dengan sebuah blog.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »