13 Cara Mempercepat Dan Mengoptimalkan Kinerja PC atau Laptop Pada Windows 7

Tips Dan Trik Agar Kinerja Komputer atau Laptop Anda Bekerja Secepat Kilat Di Windows 7

Tips Dan Trik Agar Kinerja Komputer atau Laptop Anda Bekerja Secepat Kilat Di Windows 7

Setelah Sedikit melakukan riset kecil kecilan tentang bagaimana agar PC atau Laptop Dapar Bekerja Secara Maksimal. Pada kali ini saya akan coba membagikan sedikit Tips Dan Trik Untuk PC atau Laptop Agar Kinerjanya Bisa Lebih Optimal. Beberapa cara di bawah ini saya rangkum dari berbagai sumber dan beberapa ada yang dari pengalaman saya sendiri, Hal yang paling penting dari PC dan Laptop adalah bagian Hardwarenya. Jika Hardware tidak dalam kondisi Terbaiknya maka bisa di pastikan PC atau Laptop anda akan mengalami Penurunan Performa. Untuk Memakai Windows 7, spesifikasi minum Hardware PC dan Laptop anda adalah sebagai berikut :

1.Processor 2 GHz DualCore

2.RAM DDRII 1 GB

3.Harddisk 20 GB

Jika Spesifikasi minimum di atas sudah terpenuhi, Maka Lakukan Beberapa LAngkah Di Bawah untuk Mempercepat Kinerja PC Atau Laptop Anda yang Menggunakan OS windows 7.

1. Defrag Hard Disk Secara Teratur

Melakukan Defrag Hard Disk Secara teratur missal seminggu sekali atau seminggu dua kali bisa sangat Membantu dalam menjaga Stabilitas Performa PC atau Laptop Anda. Defrag Sendiri berfungsi untuk memperbaiki Hard Disk ‘Fragemented’ Dan ‘Fragmentasi’ yang di sebabkan akibat terlalu sering melakukan install program dan uninstall program dan untuk mengatur tata letak file yang tidak beraturan dalam hard disk.

Defragment Harddisk bisa anda lakukan dengan cara :

klik [Start] klik [All Program] klik [Accessories] klik [System Tools] klik [Disk Defragmenter] lakukan Defragment Harddisk pada semua driver PC atau laptop.

2. Hapus Program Yang Tidak Penting

Jika anda tidak memerlukan aplikasi di laptop anda, ada bainya menghapus atau uninstall aplikasi tersebut, Karena Aplikasi yang sudah di install akan memakan resource, di hard disk maupun pada RAM. Lebih baik uninstall saja dengan cara :

klik [Start] klik [Control Panel] klik [Uninstall a Program] hapus program.

3. Backup Font Yang Tidak Digunakan

Jika anda bukan seorang designer Grafis, ada baiknya untuk melakukan Back Up pada Font yang jarang tersentuh atau sama sekali tidak tersentuh. Font/ Huruf yang ada pada PC atau laptop anda bisa mencapai angka ribuan. Semua font tersebut akan ter-load Oleh OS. Alangkah baiknya di back up font – font yang tidak terpakai dengan cara :

Klik [Start] Lalu [Control Panel] klik [Appearance and Personalization] pilih [Fonts] buat folder baru untuk backup font yang tidak terpakai, pindahkan font yang tidak terpakai pada folder backup.

4. Minimalkan Program Yang Berjalan Pada Start Up

StartUp adalah aplikasi yang berjalan secara otomatis pada saat Pc Atau Laptop pertama kali di jalankan. Itu artinya PC atau Laptop yang di jalankan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menjalankan program tersebut di latar belakang desktop. Padahal beberapa dari aplikasi tersebut tidak terpakai. Akibatnya PC atau Laptop anda akan sangat lambat pada saat startup. Untuk menghilangkan aplikasi yang berjalan pada saat pertama kali di hidupkan, bisa dengan cara :

klik [Start] klik [Run] ketik [MsConfig] klik [OK] klik [Startup] hilangkan centang yang ga’ penting, klik [OK] restart PC atau Laptop.

5. Buang Data Yang Tidak Penting

Banyak data yang tersimpan dalam PC atau Laptop anda memakan Resource penyimpanan yang besar pada Hard Disk. Banyak data – data yang sekiranya tidak penting, ada baiknya anda menghapusnya, Seperti data – data yang ada pada recycle bin, temporary folder dan cache internet browser. Periksa Ruang Hard Disk anda dengan Cara :

klik [My Computer] pada drive yang akan diperiksa klik kanan dan pilih [Properties] (Used Space/Ruang Yang Terpakai dan Free Space/Yang Masih Kosong atau sisa Ruang Kosong).

6. Custom Virtual Memory

Meskipun dalam kegunaanya Virtual memory tidak sepenting RAM, tapi Virtual Memory dapat membantu kinerja Laptop atau PC anda. Berikut Beberapa Langkah untuk mengatur Besaran pada Virtual Memory :

masuk ke Control Panel > System and Security > System atau bisa dengan menekan tombol Windows+Pause/Break. Kemudian pilih Advanced system settings. Pindah ke tab Advanced, kemudian pilih Settings pada menu Performance.

Tips Dan Trik Agar Kinerja Komputer atau Laptop Anda Bekerja Secepat Kilat Di Windows 7

Kemudian Anda Pindah Lagi Tab Advance lalu pilih Change

Tips Dan Trik Agar Kinerja Komputer atau Laptop Anda Bekerja Secepat Kilat Di Windows 7

Uncheck Automatically manage paging file size for all drives. Kemudian pilih Custom size dan tentukan berapa besar jumlah memory virtual yang di inginkan. Untuk maximum size bisa anda isikan 2X Initial size. Setelah itu pilih Set, kemudian pilih OK.



7. Virus pada PC atau Laptop

Virus yang ada Pada Laptop Atau Pc bisa membuat kinerja menjadi lambat, Ada baiknya anda sering melakukan Update pada Anti Virus yang ada pada laptop dan PC anda. Apalagi jika anda sering menggunaka internet yang sering bergelut di dunia maya yang mana merupakan sarang dari Malware dan Virus.

Ada Baiknya anda melakukan Scanning Pada PC atau Laptop anda minimal seminggu sekali, Karena Virus yang ada, dapat membuat performa dari PC atau laptop anda menurun. Karena biasanya tinggal di memory dan bahkan sebagian virus dapat menggandakan dirinya dan memenuhi memory yang mana dapat memperlambat Kerja PC atau Laptop.
Baca Juga : Kumpulan Anti Virus terbaik Untuk Windows 7 8 dan 10

8. Minimalisir Pengunaan Visual Effect

Jangan terlalu banyak memakai visual effect yang tidak berguna atau sekalian saja, jangna menggunakannya jika anda merasa menggangu penglihatan.Untuk menghilangkan Visual Effect ikuti beberapa langkah di bawah :

klik [Start] kemudian ketik [System Properties Performance] pada kotak [Search] pilih aplikasi yang muncul. Pilih tab [Visual Effects] hilangkan centang yang dirasa ga’ penting, terakhir klik[OK].

9. Kurangi Service Yang Tidak Diperlukan

Mematikan service yang tidak berguna dapat membantu meningkatkan kecepatan dalam proses booting System di PC atau Laptop. Ini beberapa daftar service yang saya rasa anda perlu mematikannya karena bisa sangat berpengaruh pada kecepatan pada PC dan Laptop anda, beebrapa di antaranya :
Diagnostic Policy Service;
IP Helper;
Application Experience;
Offline Files;
Tablet PC Input Service;
Portable Device Enumerator Service;
Windows Error Reporting Service;
Windows Media Center Service Launcher.
Secondary Logon;
Distributed Link Tracking Client;
Security Center;
Protected Storage;
TCP/IP NetBIOS Helper;

10. NonAktifkan System Index Search

Ada Baiknya untuk mematikan System Index Search, Proses index pada windows 7 dapat bekerja setiap waktu dan banyak memakan resource memori. Terlebih, dalam prosesnya System Index Search ini membuthkan ruang tersendiri pada hard disk untuk menyimpan file yang terindeks. Jika Banyak file dalam computer yang terindeks maka semakin banyak pula kapasitas penyimpanan yang di pakai. Maka ada baiknya untuk menonaktifkannya agar Performa dari windows 7 anda bisa menjadi lebih baik, Cara nya seperti di bawah :

klik [Start] pada kotak [Search] ketik [Services.msc] tekan [Enter] cari [Windows Search] dan pilih [Stop] atau [Disable].

11. Percepat Proses Shutdown

Windows 7 memiliki fitur bawaan untuk mempercepat proses Shutdownya, jadi tidak ada salahnya mempercepat proses shutdown dengan fitur bawaan windows tersebut, adapun caranya dengan cara seperti di bawah :

klik [Start] ketik [Regedit] pada kotak [Search] tekan [Enter] lalu cari dan buka [HKEY-LOCAL_MACHINE] [SYSTEM] [CurrentControlSet] [Control] bagian kanan klik kanan pada[WaitToKillServiceTimeOut] pilih [Modify] kemudian ubah nilai defaultnya menjadi lebih kecil untuk mempercepat. Klik [OK]

Langkahnya untuk menon-aktifkan Service tersebut,-> klik [Start] ketik [Services] pada kotak [Search] klik kanan pada Service yang ingin dirubah statusnya, pilih [Properties] pada startup type tentukan pilihannya, diantaranya :[Automatic (Delayed Start)] – [Automatic] – [Manual] – [Disable]. Klik [OK] lalu [Restart] PC atau Laptop.

12. Jangan Simpan File Di C

Jika anda menginstall system operasi pada drive C, ada baiknya anda tidak menyimpan file dokumen ataupun file yang berat pada Disk C tersebut, tapi jika sudah terlanjur ada baiknya segera memindahkannya.

13. Hapus Gadget Yang Tidak Penting

Gadget Gadget yang terpasang tersbut pada Desktop Sangat Mempengaruhi Kinerja kecepata Komputer atau Laptop, Ada Baiknya Gadget yang tidak terlalu penting Di singgkirkan.

Kesimpulan

Ada Banyak Hal yang bisa mempengaruhi kinerja suatu Komputer, Tapi 13 Hal di atas saya rasa sudah cukup untuk memberikan Performa yang maksimal dari Laptop anda.

Saya seorang Mahasiswa di Salah Satu Perguruan Tinggi di Kota Palopo yang menyenangi hal terkait teknologi dan ingin berbagi hal tersebut dengan sebuah blog.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »