Etika dalam menggunakan Handphone/Ponsel Di Kehidupan sehari - Hari

12:44 PM

Etika DALAM Menggunakan Handphone/Ponsel

Pada Tanggal 12 September 2008 Lalu, Seorang masinis mengirimkan SMS sekitar 22 detik yang lalu kemudian kereta itu bertabrakan dengan kereta lain. Akibat dari kecelakaan ini 25 tewas termasuk Sang masinis tersebut dan banyak lagi yang terluka, Kejadian ini terjadi di Amerika Serikat. Dari Investigasi kepolisian Setempat, kecelakaan ini terjadi sesaat setelah sang Masinis Mengirim SMS. Akibat dari itu sang pengemudi lambat melakukan pengereman kereta. Kecelakaan akibat menggunakan Ponsel Pada Tempat Yang tidak tepat bisa merugikan orang lain dan diri sendiri, Jadi ada baiknya anda mengetahui etika dalam Menggunakan Ponsel atau Handphone. Di Artikel ini akan membahas Tentang Etika Penggunaan Pada Ponsel atau Smartphone :
etika menggunakan Handphone ponsel
Menggunakan Ponsel Sembarangan Bisa Berbahaya
Banyak kasus pelanggaran lalu lintas dan kecelakaan lalu lintas terjadi karena menggunakan Telepon Seluler Atau Ponsel Saat mengendarai kendaraan. Saat menggunakan Handphone dalam berkendara konsentrasi orang tersebut akan terbagi dan akibatnya mereka tidak akan focus ke jalanan yang bisa berakibat pada kecelakaan. Karena Faktor itu di beberapa Negara, dalam penggunaan ponsel selama mengendarai kendaraan di larang dan akan terkena sanksi pidana.
Penggunaan dari ponsel bisa menggangu konsetrasi anda dan akan menjadi factor yang bisa mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.

Di Indonesia Undang – Undang Lalu Lintas tentang penggunaan ponsel di atur dalam UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas. Di dalamnya ada pasal yang berhubungan dengan pemakaian ponsel yang terdapat pada pasal 106 ayat 1 yaitu  "Setiap pengendara wajib menjalankan kendaraannya dengan konsentrasi". Penggunaan ponsel bisa menggangu seseorang dalam mengendarai kendaraan nya yang menjadi factor kecelakaan lalu lintas. Maka dari itu tidak di perbolehkan mengemudi sambil memainkan Ponsel jika ada yang kedapatan maka akan masuk ke dalam pelanggaran Lalu lintas dari UU di atas. Bahkan ada penelitian yang menyebutkan bahwa orang yang sedang memainkan Handponhe Sama Lengahnya Dengan Orang yang tengah mabuk.
Dalam penggunaanya, Ponsel juga di anggap membahayakan. Dalam berbagai buku panduan dari Perangkat Selulur Mencantumkan sebuah petunjuk untuk mematikan perangkat seluler dalam pesawat, karena bisa mengganggu perangkat navigasi yang ada pada Pesawat. Di dalam UU ITE pasal 33 juga mencantumkan Larangan yang hampir Sama Berbunyi "Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan tindakan apa pun yang berakibat terganggunya Sistem Elektronik dan/atau mengakibatkan Sistem Elektronik menjadi tidak bekerja sebagaimana mestinya."

Dalam menggunakan Ponsel Secara sembarangan juga bisa mengakibatkan berbagai masalah lainnya, Seperti merekam adegan yang tidak pantas dengan Kamera Handphone bahkan mengirimnya kepada orang lain, lalu dengan Cepat Foto yang tidak senonoh Tersebut tersebar dengan Cepat, apalagi Di Jaman Internet sekarang ini, Informasi Se akan akan Bisa di dapat hanya dengan menggunakan tangan Dan Ponsel.

Etika saat Menggunakan Ponsel

Ponsel Atau SmartPhone Android Sebagai perangkat Komunikasi pati memiliki banyak sekali manfaat yang bisa membantu kita, mislanya berkomunikasi dengan sangat mudah. Selain itu, Ponsel yang sekarang lagi trend Seperti Smartphone mempunyai banyak fitur yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Maka menggunakan ponsel yang tepat akan memiliki manfaat positif dan dampak yang baik.

Namun, ponsel juga memiliki banyak dampak negative yang bisa merugikan apa lagi salah dalam penggunaanya, maka dari itu untuk menghindari dampak tersebut dalm menggunakan Ponsel, di sini kami memiliki pertanyaan dan saran yang mungkin bisa anda terpakan sewaktu waktu di saat menggunakan ponsel.

  • Apakah perlu berbicara dengan suara keras di ponsel?
Hindari hal ini, khususnya jika anda berada di tempat umum (Public Area). Hal ini akan menarik berbagai perhatian ke anda dan dapat menimbulkan gangguan ke beberapa orang akibat suara anda yang terlalu keras. Selain itu di tempat yang mempunyai mikropon untuk pemeritahuan bisa menangkap suara anda jika anda terlalu keras yang bisa mengganggu orang – orang yang berada di sekitar. Maka dari itu hindari Bersuara keras.
  • Kapan saat menghindari menggunakan ponsel?
Saat anda berbicara dengan ponsel, maka bisa menggangu orang lain, apa lagi jika anda berada di tempat ibadah, ruang kelas, gedung bioskop, Gedung konser dan tempat tempat lainnya yang bisa menggangu. Maka dari itu hindari tempat seperti itu dalam menggunakan ponsel, atau untuk mencegah suara bising saat ada yang menelpon anda, ada baiknya menggunakan mode senyap pada ponsel anda demi menjaga untuk tidak menggangu orang lain. Bahkan jika di perluka, ada baiknya mematikan ponsel anda.
  • Menerima panggilan telepon saat sedang berbicara dengan orang lain
Saat melakukan percakapan dengan orang lain ada baiknya untuk tidak menerima telepon yang bisa menggangu percakapan yang sedang anda lakukan. Umumnya saat ponsel sedang berbunyi, maka seseorang akan mengatakan “Soory atau maaf, saya terima dulu yah”. Dalam kasus tersebut anda tidak menunjukan etika dan respek pada lawan bicara anda yang sedang di hadapi langsung depan anda. Tapi beberapa kasus khusus yang memang sangat diperlukan untuk menerima telepon, maka anda bisa menerima telepon tersebut. Hal yang sama juga berlaku saat Anda mengetik SMS. Hindari mengetik SMS sambil berbicara dengan orang lain.
  • Pembicaraan pribadi di ponsel, patutkah?
Jangan membicarakan hal – hal pribadi dengan menggunkan Handphone apa lagi di tempat yang ada orang lain, misalnya pada saat anda berada di ruang rapat, ruang kelas, ruang kerja yang di pakai secara bersama – sama atau di tempat umum seperti halte, di kereta api, dalam BUS dan tempat umum lainnya. Jika anda ingin segera menyelsaikan pembicaraan itu, bicaralah secara singkat dan telepon jika penting segera telepon kembali setelah anda keluar dari tempat umum tersebut yang banyak orang untuk melanjutkan pembicaraan.
  • Berbicara urusan pribadi dekat orang lain
Jika anda sedang membicarakan hal pribadi di ponsel, jaga jarak anda minimal sejauh 3 meter dengan orang lain agar mereka tidak mendengarkan pembicaraan anda, apalagi pembicaraan yang pribadi. Karena jika anda berada dekat orang lain mau tidak mau maka mereka akan mendengarkan pembicaraan anda walaupun mereka tidak mau mendengarkan.
  • Kapan saat mematikan ponsel?
Anda harus mematikan handphone anda jika sedang melakukan wawancara kerja, pertemuan, presentasi dan beberapa tempat lainnya yang menuntut suasana tetap hening. Anda juga harus mematikan ponsel anda jika berada di pesawat terbang untuk menghindari adanya gangguan pada navigasi pesawat atau gunakan pengamatan anda untuk mengetahui anda berada di situasi yang menuntut anda unutk mematika Handphone anda.
  • Mengapa harus fokus kepada lawan bicara di ponsel?
Saat anda sedang melakukan pembicaraan lewat ponsel, ada baiknya anda focus dengan lawan bicara anda di ponsell. Komunikasi lewat Handphone dilakukan secara Verbal dan Bukan Visual yang bisa mengakibatkan Kesalahpahaman jika anda kurang focus pada lawan bicara anda.
  • Seberapa bahaya menerima telepon atau mengirim SMS sambil mengemudi?
Hal yang harus anda perhatikan adalah TIDAK BOLEH MENGGUNAKAN HANDPHONE SAAT MENGEMUDI kendaraan, apalagi mengetik dan mengirim sebuah SMS. Tentu hal ini akan sangat berbahaya, karena jika anda berbicara atau mengetik sms karena melakukan ini anda sama lengahnya dengan orang yang lagi mabuk. Intinya anda harus focus pada kendaraan anda jika anda sedang mengendarai dan anda harus focus jika ingin melakukan panggilan telepon.
  • Lebih baik mana: Telepon atau SMS?
Saat anda tengah dalam keadaan darurat dan membutuhkan respon yang sangat cepat, ada baiknya hindari menggunakan SMS untuk Menghubunggi orang lain. Lebih Anda menelponya, karena pembicaraan lewat telepon akan sangata Efektif daripada hanya mengirm kan Pesan kepada lawan komunikasi.
  • Memotret dengan ponsel, bagaimana aturannya?
Dalam mengambil gambar atau memotret sesorang yang tidak anda kenal ada baiknya anda meminta izin dulu, karena jika anda tidak meminta izin sebelumnnya  hal tersebut bisa membuat orang yang ingin anda ambil gambarnya malu.
  • Menerima gambar tidak senonoh, apa yang harus dilakukan?
Jika anda menerima sebuah gambar yang tidak senonoh ada baiknya untuk tidak menyebarkan hal tersebut, apa lagi gambar tersebut bersifat Porno, Gambar Meresahkan dan mampu memancing keributan antar RAS.
  • Menerima Broadcast Yang Tidak Pantas, apa yang harus dilakukan?
             Jika anda menerima sebuah Pesan Teks yang bersifat mendeskreditkan golongan dan RAS ada baiknya untuk tidak menyebarkan hal tersebut.

Itu Sekiranya ETIKA DALAM MENGGUNAKAN HANDPHONE. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda.

Artikel Menarik Lainnya :


Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔